• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Multiple Desktop Linux

Thursday, August 12, 2010 Labels:

Disystem operasi linux mengenal Multiple-Desktop, yaitu terdapat lebih dari 1 Desktop dalam sistem operasi ini. Tentu bagi pengguna sistem operasi lain akan sangat asing dengan istilah ini, akan tetapi bagi linux user, hal ini sudah biasa. Ok, mungkin diantara anda banyak yang sudah tahu tentang hal ini, tetapi disini saya akan jelaskan supaya bagi anda yang tidak tahu bisa memahami seperti apa itu multiple-desktop. Nah, terus mana sih indikator multiple-desktop?? Lihat gambar diatas.
Lihat pada bagian kiri bawah disamping kanan folder berlogo bintang, itulah indikator multiple-desktop, seperti anda lihat disana ada 2 buah kotak segi empat, berati ada 2 buah multiple-desktop yang kita miliki.
Apa kegunaan multiple-desktop? Tentu saja banyak, salah satunya adalah memudahkan pengelompokan aplikasi berdasarkan katagori. Misalkan anda sedang bekerja menggunakan aplikasi office, selain intu anda juga mendengarkan musik, bermain game, browsing internet dan chatting. Dengan multiple-desktop anda dapat memisahkan aplikasi tersebut kedalam 4 buah desktop misalkan, atau terserah anda. Disini kita akan mencoba membuat 4 buah desktop dengan katagori : Work, Game, Internet, Music. Caranya?? ikuti langkah berikut :
1. Bukalah window setting multiple-desktop melalui → Application Launcher → Setting → System Settings → General → Desktop → Multiple-Desktop. Maka akan muncul window seperti berikut :


2.    Lihat pada bagian Number of desktop, disana memiliki nilai 2, yang berarti kita memiliki 2 buah virtual desktop. Dan pada bagian Desktop Names menyatakan nama dari desktop-desktop tersebut.
3.    Ok, tujuan kita disini adalah membuat 4 buah desktop dengan nama :  Work, Game, Internet, Music. Selanjutnya rubahlah pada bagian Number of desktops menjadi : 4 dan pada bagian Desktop Names menjadi :  Work, Game, Internet, Music. Sehingga tampilan akan seperti berikut :


4.    Jika anda menginginkan setiap desktop memiliki activity dan setting yang berbeda, jangan lupa beri tanda pada bagian Different activity for each desktop. Selanjutnya click apply. Maka selesailah 4 desktop kita buat. Lihat perubahan pada indikator desktop sekarang, disana kita lihat ada 4 buah desktop. Tentu dengan nama yang telah kita tentukan tadi.


5.    Nah sekarang 4 buah desktop tersebut sudah selesai kita buat,untuk itu kita sudah dapat mempergunakannya. Sekarang pindahkan aplikasi-aplikasi yang sedang aktif kedesktop dengan katagori yang sesuai dengan aplikasi tersebut. Disini saya memberi contoh degan memindahkan aplikasi audacious (aplikasi pemutar musi) ke desktop dengan label Music. Caranya sangat mudah, cukup dengan click kanan pada icon taskbar aplikasi tersebut lalu pilih To Desktop → Music. Nah, sekarang aplikasi audacious sudah berada di desktop music. Mudah bukan?

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates