• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linux dengan Kubuntu ( bag. 14 ) Network Management dengan command-line

Wednesday, August 11, 2010 Labels:

Pada bagian ini kita akan membahas tentang dasar setting networking di linux dengan menggunakan shell / command line. Mungkin anda pikir penggunaan console tidak diperlukan dikarenakan Linux sekarang telah menyediakan berbagai tool GUI yang lebih friendly, akan tetapi itu tidak benar, penggunaan console tetaplah sangat penting, jika kita dihadapkan pada system linux yang tanpa menggunakan GUI (linux server pada umumny) ataupun pada saat system kita mengalami crash / kerusakan pada tools GUI yang biasa kita gunakan. Oleh karena itu memahami dan menggunakan console harus dipelajari jika anda ingin mahir dalam menggunakan system berbasis linux. Oleh karena itu disini kita akan mencoba melakukan setting network connection dengan menggunakan console.

A. Mengetahui konfigurasi network yang sedang aktif / berjalan 


1.    Buka Shell / Console anda, dan ketikan → ifconfig dan enter. Kurang lebih akan muncul tampilan sbb :


2.    Perhatikan window diatas, eth0, lo, dan wlan0 masing-masing adalah network interface. Eth0 adalah interface wired network, sedangkan wlan0 adalah interface wireless. Diatas juga kita bisa melihat Alamat IP (inet addr ), Broadcast (Bcast), Net Mask (Mask), dan lainnya.

B. Merubah Alamat IP menggunakan ifconfig

Untuk merubah IP Address pada suatu interface anda dapat dengan mudah melakukannya, yaitu cukup dengan mengetikan → ifconfig nama_interface ip netmask netmask_yg_digunakan broadcast broadcast_yg_digunakan, sebagai contoh :

ifconfig eth0 192.168.1.102 netmask 255.255.255.0 broadcast 192.168.1.255

Anda cukup mengetikan command tersebut pada shell anda, ingat, anda harus menjadi root terlebih dahulu untuk melakukan konfigurasi ini.

C. Mengetahui Gateway yang sedang aktif

Untuk mengetahui gateway yang sedang kita gunakan, kita cukup mengetikan → route pada console kita. Lihat screen shoot dibawah ini, lihat pada bagian default , hal tersebut menjelaskan bahwa default gateway yang kita gunakan saat ini adalah 192.168.0.240.


D. Merubah Gateway menggunakan route

Untuk merubah Gateway pada suatu interface anda dapat dengan mudah melakukannya, yaitu cukup dengan mengetikan → route add default gw alamat_ip_gateway nama_interface, sebagai contoh :

route add default gw 192.168.0.1 eth0

Anda cukup mengetikan command tersebut pada shell anda, ingat, anda harus menjadi root terlebih dahulu untuk melakukan konfigurasi ini.

Pada bagian konfigurasi network menggunakan command-line ini kita membahas 2 buah fungsi, yaitu ifconfig dan route, selain fungsi diatas, ifconfig dan route memiliki fungsi dan variasi kegunaan yang lebih banyak. Silahkan gunakan manual page untuk lebih jauh lagi.

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates