• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linux dengan Kubuntu ( bag. 12 ) Software Management dengan Aptitude

Tuesday, August 10, 2010 Labels:

Melanjutkan tentang management software sebelumnya, kali ini kita akan mencoba dengan Aptitude sebagai tools . Aptitude adalah tools management software yang berbentuk semi-gui, yaitu berjalan diatas consol, akan tetapi sudah berbentuk GUI. Untuk dapat menggunakannya sangat mudah, anda cukup mengetikan → aptitude diconsole anda, dan ingat sebelumnya anda harus login dulu sebagai root supaya dapat melakukan perubahan pada system anda. Ok, kita lihat contoh berikut untuk lebih memahainya :

1.    Pertama buka dulu console anda, login sebagai root dan ketikan aptitude, maka akan muncul menu utama aptitude sbb :



2.    Lihat tampilan GUI semi-console diatas, disini anda sudah dapat menggunakan mouse untuk mengakses menu-menu tersebut. Akan tetapi disni saya akan mencoba memberikan contoh dengan shotcut keyboard, dikarenakan lebih cepat dan untuk mempelajari menu melalui GUI anda dapat mencoba-cobanya sendiri.
3.    Untuk melakukan update source anda (supaya program / package adalah versi yang terbaru) caranya sangat simpel, yaitu dengan menekan tombol 'u' , dan tunggu sampai proses download list paket terbaru selesai. Setelah semua selesai maka anda dapat melakukan instalasi program paket2 terbaru.
4.    Pada list program yang tampil anda akan melihat flag/tanda berupa huruf 'p' atau 'I', huruf 'p' disini menyatakan bahwa program/paket tersebut belum terinstall disistem, sedangkan huruf 'I' menyatakan bahwa program atau paket tersebut sudah terinstall di system anda.

5.    Untuk melakukan Instalasi program terbaru, anda dapat mencarinya di list yang disediakan berdasarkan katagori tersendiri. Akan tetapi untuk mempermudah anda dalam mencaari nama program, anda dapat menggunakan menu search dengan menekan tombol '/', maka aka muncul dialog search, sbb :


6.    Pada contoh diatas saya mencari program bernama netbeans (IDE Java), setelah diketikan nama programnya, tekan enter, maka highlight akan mengarah ke program-program/paket yang mengandung kata-kata netbeans. Dan jika program yang dihighlight bukan lah program yang anda maksud, maka anda dapat mencari program selanjutnya dengan menekan tombol 'n'. Apabila anda sudah menemukan program yang anda maksud, maka untuk memilihnya kedalam list program yang akan diinstall dengan cara menekan tombol '+', setelah anda menekan tombol '+' maka program tersebut beserta paket2 pendukung akan ditandai menjadi hijau, setelah itu untuk menginstallnya kedalam system anda cukup dengan menekan tombol 'g', maka akan muncul seluruh program dan paket-paket yang dibutuhkan untuk intalasi tersebut, selanjutnya tekan tombol 'g' sekali lagi, tunggu system mendownload dan memasangkan program-program tersebut pada system anda.


7.    Selanjutnya untuk melakukan uninstall/menghapus program dari system caranya pun sangat simple seperti saat kita melakukan instalasi. Caranya adalah cari dulu program yang ingin anda hapus, untuk mempermudahnya tentu saja dengan menggunakan menu search yang bisa diakses dengan menekan tomnbol '/', selanjutkan ketikan nama program yang ingin anda hapus, setelah highlight berada pada program yang anda maksud, selanjutnya anda tinggal menekan tombol '-' untuk menandainya sebagai program yang akan dihapus, lalu esekusi penghapusan dengan menekan tombol 'g' sebanyak 2x. Dan lihat proses penghapusan tersebut.
8.    Untuk keluar dari program aptitude ini anda dapat menggnakan tombol 'q', selain berfungsi sebagai tombol exit, 'q' juga berfungsi sebagai tombol fungsi back/kembali.
9.    Ok, saya rasa cukup jelas contoh penggunaan Aptitude sebagai software manager anda. Untuk lebih memahaminya silahkan baca Help yang sudah disediakan.

Selain menggunakan KpackageKit dan aptitude, sebenarnya masih ada tool console bernama apt, penggunaanya pun sangat simple, untuk menginstal program anda hanya mengetikan → apt-get install nama_program, untuk lebih lanjutnya anda dapat membaca manual page dengan mengetikan → man apt-get. Dilinux juga tak selalu melalui software manager apabila kita ingin menambah program baru, misalkan program-program third party sudah menyediakan file installer yang cukup dengan menjalankannya program-program tersebut sudah terinstall disystem anda. Ok saya kira cukup sampai disini untuk urusan software management.
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates