• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Membuat Alias command melalui file .bashrc ( Linux )

Thursday, August 12, 2010 Labels:
Terkadang anda memerlukan sebuah alias dalam penggunaan command-line untuk mempermudah / mempersimple penggunaanya dibandingkan dengan command aslinya. Misalkan anda sering mempergunakan command dengan parameter dan option yang cukup rumit, ataupun anda memanggil sebuah program yang letak path nya cukup sulit untuk diingat, alangkah lebih baiknya jika anda membuat sebuah alias untuk mempersimple atau mempermudah anda dalam penggunaanya. Disini kita akan mengedit file .bashrc yang ada difolder disetiap user yang ada pada system, untuk system yang saya gunakan saya logon menggunakan user 'outsider', maka posisi file .bashrc tersebut berada di folder /home/outsider/.bashrc. Tapi ingat file ini bersifat hidden, jadi jika anda mencoba melihatnya melalui file manager tanpa mengaktifkan opsi 'show hidden' maka anda tidak akan dapat melihatnya. Ok , dimulai aja langkah-langkahnya sbb :

1.    Bukalah shell anda, login sebagai root, dan buka file .bashrc tersebut. Untuk system saya dapat diakses sbb → nano /home/outsider/.bashrc  , maka akan terbuka editor nano dengan menampilkan isi file .bashrc tersebut. Lihat screenshot dibawah ini :


2.    Lihat comment yang saya buat dengan kalimat “BUATLAH ALIAS DENGAN FORMAT SBB” , keyword alias diikuti dengan nama alias dan fungsi dari alias tersebut. Dari contoh diatas, kita membuat beberapa alias seperti dfh yang mewakili command df -h (berfungsi untuk melihat freespace dengan format human-readable), selanjutnya lihat pada bagian bawahnya, sebuah alias zf kita buat untuk mewakili sebuah program yang ada di path → /home/outsider/opt/ZendFramework/bin/zf.sh. Sehingga jika kita ingin mengakses program tersebut kita cukup memanggilnya dengan perintah zf saja pada command.

3.    Setelah selesai melakukan konfigurasi, simpan file tersebut dengan menekan ctrl+o. Untuk dapat melihat hasilnya, anda harus terlebih dahulu logout daari system. Setelah anda login kembali, alias-alias tersebut sudah dapat anda gunakan. Silahkan bereksperimen dengan kombinasi command-comand lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates