• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linux dengan Kubuntu ( bag. 09 ) ROOT

Tuesday, August 10, 2010 Labels:

Apakah root itu?
Root merupakan user administrator system yang tertinggi di sistem operasi berbasiskan linux.
Root dapat melakukan apapun didalam system, semisal menghapus file system, melakukan perubahan konfigurasi system dll.
Dikarenakan root memiliki peranan yang vital, anda harus dapat menjaga akses ke user root tersebut dengan baik. Password untuk user root sendiri pasti sudah anda tentukan saat anda melakukan intalasi linux. Beberapa command line di linux hanya dapat dilakukan oleh root, misalkan untuk mengupdate system, melakukan konfigurasi system dll. Default user saat kita menggunakan shell/command line adalah user yang sedang logon pada system tersebut. Untuk merubah akses dari user biasa ke root, anda cukup mengetikan → 'sudo su' , dan memasukan password root anda, su merupakan singkatan dari Super User, sedangkan sudo berasal dari kata super user do. Setelah autentifikasi berhasil, maka propmpt shell anda akan berubah menjadi 'root', nah setalah itu anda dapat melakukan perintah-perintah yang tak dapat dilakukan oleh user biasa. Untuk melakukan peran sebagai root anda tak slalu harus login menjadi root seperti diatas, tetapi anda dapat menjalalnkan perintah tersebut dengan menambahkan command → 'sudo' didepannya.
Untuk lebih memahaminya perhatikan contoh berikut :

#. Membuat folder baru pada direktori /var (direktori /var hanya dapat diubah menggunakan user root)
1.    Buka Konsole / command line anda, setelah itu ketikan → cd /var (untuk masuk kedalam direktori /var.
2.    Buatlah sebuah folder baru dengan nama folder_baru → mkdir folder_baru
3.    Apa yang terjadi? Permission denied kan? Ya, tentu saja karena posisi anda sekarang adalah sebagai user biasa (bukan root). Oleh karena itu rubahlah menjadi root terlebih dahulu dengan cara mengetikan → sudo su , lalu masukan password root anda.
4.    Nah berubah kan prompt anda? Setelah itu kembali lakukan kembali langkah no. 2, berhasilkan kan?
5.    Setelah anda selesai dengan tujuan anda menggunakan root, lebih baik anda rubah kembali ke user biasa dengan mengetikan → exit.


Begitulah sekilas tentang root.  Untuk dapat menggunakan fungsi-fungsi root anda perlu banyak belajar dan berlatih, sehingga anda dapat menguasai system yang anda gunakan saat ini.
Peace.......

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates