• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linux dengan Kubuntu ( bag. 11 ) Software Management dengan KPackageKit

Tuesday, August 10, 2010 Labels:
 Untuk keperluan manajemen software di linux, baik install, uninstall maupun update, user disediakan beberapa pilihan aplikasi untuk melakukannya, untuk default di Kubuntu memiliki 3 software management, yaitu :
1.    KpackageKit, GUI Based Software Management
2.    Aptitude, Semi Console Software Management
3.    Apt, Console Software Management

Pada bagian ini kita akan membahas tentang management software menggunakan KpackageKit. Ok, ikuti langkah-langkah berikut untuk memahami penggunaan KpackageKit tersebut :

1.    Buka jendela utama KpackageKit melalui → Application Launcher → System → Software Management / KPackageKit. Setelah itu akan muncul jendela utama sbb :


2.    Nah, anda dapat melihat bahwa diatas terdapat daftar program-program dalam katagori Game, untuk melihat katagori lain semisal, aplikasi desktop, graphics, multimedia, development, dll anda cukup mengganti dropdown menu katagori yang ada dibagian kanan atas.
3.    Untuk Menginstal program-program tersebut sangatlah mudah. Lihat seluruh program yang ada diatas memiliki icon panah kebawah pada bagian ujung kanannya, ini menandakan bahwa program tersebut masih berupa package yang belum terinstal di system anda, untuk menginstal program-program tersebut, cukup anda click pada icon2 tersebut dan click tombol Apply yang ada dikanan bawah.
4.    Untuk melakukan Uninstal program pun sangat mudah, carilah program yang memiliki icon tanda silang / cross seperti dibawah ini, click pada icon program yang akan anda uninstall dan click Apply.


5.    Sampai disini anda sudah dapat melakukan install dan uninstall program, sangat mudah bukan? Ok, untuk selanjutnya kita akan mempelajari tentang software updates, pertama click icon Software Updates yang ada disebelah kiri, maka akan muncul jendela sbb :


6.    Seperti anda lihat diatas, terdapat 2 buah update yang tersedia, untuk melakukan update manual, anda tinggal memilih update tersebut dengan click pada list yang ingin anda update, sedangkan jika anda ingin memilih seluruh update anda dapat melakukannya dengan click tombol Select all updates. Setelah semua selesai, click tombol Apply, dan tunggu sampai prosses update selesai.
7.    Berikut adalah mengetahui setting KpackageKit kita, agar anda dapat melakukan perubahan setting untuk dapat memanfaatkan program ini secara maksimal. Selanjutnya click icon Settings yang ada dikiri, maka akan muncul windows Settings, lalu click tombol Edit Software Source, dan akan muncul windows sbb :


8.    Lihat diatas, ada beberapa tabs setting yang dapat kita rubah dan pergunakan. Pada tab utama (Kubuntu Software) kita memiliki beberapa opsi tentang sumber source dan jenis source program yang kita gunakan untuk keperluan update dan install.
9.    Untuk melakukan perubahan server update/server sumber source kita, silahkan click dropdown menu (Download from), dan pilih Others. Maka akan mucul windows kecil yang berisi list negara / server yang tersedia, selanjutnya click icon Select Best Server untuk mengetahui server mana yang paling baik untuk kita (koneksinya), tunggu sampai system selesai melakukan pengetesan.


10.    Ok, semua mudah untuk dilakukan, untuk lebih mengetahui setting tools ini, anda dapat mencobanya sendiri.
Ok, selamat mencoba.

1 comments:

Rachmad Ramadhoni, S.kom said...

mas, ko KPackgeKit saya tidak muncul list software nya yah?

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates