• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linuk dengan Kubuntu ( bag. 07 ) Linux Command Line

Tuesday, August 10, 2010 Labels:

Seperti anda ketahui, cha ileh,,, bagi pengguna linux, penggunaan command line sangatlah dianjurkan sekalipun tidak harus. Untuk pengguna yang membutuhkan iteraksi hanya dengan aplikasi-aplikasi yang ada dilinux, semisal aplikasi Office , saya rasa mereka tidak terlalu membutuhkannya, akan tetapi bagi pengguna yang lebih advance, semisal membutuhkan interaksi dengan OS secara lebih low level atau pun dalam hal trouble shooting yang tidak dapat diselesaikan dengan tools yang disediakan secara GUI (Graphics User Interface / biasa disebut tampilan windowing), penggunaan command line sangatlah powerfull dan vital. Jika di sistem operasi Windows memiliki DOS (Disk Operating Sistem) sebagai interaksi user dengan komputer secara command line, di Linux kita menyebutnya sebagai Terminal Emulator, sedangkan command line di linux disebut dengan shell. Di linux kita memiliki banyak pilihan untuk terminal emulator, kita dapat memilih semisal Konsole, Gnome-Terminal, Xterm, dll. Disini kita akan menggunakan Konsole, karena ini merupakan bawaan default KDE.

# Cara mengakses Konsole
Untuk menggunakan Konsole, anda dapat memanggilnya dari menu utama / Application Launcher (Start Menu pada Windows).
1.    Application Launcher → Application → System → Terminal / Konsole
2.    Setelah itu akan muncul windows konsole tersebut sbb :



3.    Nah, disinilah kita bisa menjalankan command line yang ingin kita gunakan. Untuk daftar Command, anda dapat melihatnya disini : http://www.linuxguide.it/command_line/
4.    Berikut beberapa command basic yang sering digunakan (ingat, linux mengenal case-sensitive, jadi jika anda mengetikan : ABC, itu berbeda dengan abc).
·    ls → perintah ini digunakan untuk menampilkan list / daftar file yang ada pada suatu directory (fungsinya sama dengan perintah DIR yang ada di DOS).
·    cp → perintah ini digunakan untuk mencopy / menduplikat file.
Contoh : cp nama_file.txt nama_file_baru.txt
·    mv → perintah ini digunakan untuk memindahkan file.
Contoh : mv /home/outsider/Documents/nama_file.txt /home/outsider/nama_file.txt
·    df → perintah ini digunakan untuk mengetahui besarnya freespace dan pemakaian hardisk anda.
·    cd → perintah ini digunakan untuk masuk kedalam sebuah direktori.


Untuk mempelajari dan terbiasa menggunakan console, anda memerlukan praktik. Apabila anda bingung tentang fungsi dan penggunaan command-command tersebut, anda dapat mempelajarinya melalui manual page yang sudah disediakan oleh para developer, misalkan anda membutuhkan manual untuk perintah 'ls', anda dapat menampilkan manual page tersebut dengan syntax sbb : man ls
Mudah bukan? Selamat berexplorasi.

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates