• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linux dengan Kubuntu ( bag. 13 ) Network Management dengan GUI

Wednesday, August 11, 2010 Labels:

Kali ini kita akan mencoba melakukan setting network menggunakan GUI. Dilinux sendiri banyak sekali Network Manager yang dapat kita gunakan, semisal WicD, NetworkManager, Fake Net, dll. Disini kita akan menggunakan NetworkManager sebagai network manager, karena ini merupakan Network Manager default Kubuntu. Ok kita mulai saja.

1.    Anda dapat membuka konfigurasi NetworkManager melalui icon yang ada di panel bawah kanan. Click pada icon tersebut, dan pilih menu Manage Connections, sbb :



2.    Setelah itu akan muncul window properties seperti dibawah.  Seperti anda lihat, disana ada beberapa tab ( Wired, Wireless, Mobile Broadband, VPN, dan DSL). Untuk koneksi kabel/wireless, pilih tab Wired.


3.    Untuk menambahkan koneksi wired, anda cukup click tombol Add yang ada disebelah kanan, maka akan muncul dialog baru Seperti dibawah. Pada tab pertama (Ethernet) tentukan nama koneksi yang anda inginkan (disini saya beri nama LAN Kantor). Lalu centang opsi Connect Automatically jika anda ingin koneksi tersebut selalu otomatis dijalankan.


4.    Selanjutnya kita akan melakukan setting seputar IP Address , Click tab Address, maka akan muncul window seperti dibawah.


5.    Lihat pada menu drop down Method, disitu anda dapat menentukan jenis pengaturan IP yang anda inginkan (DHCP, Link-Local, Manual, Shared). Pilih Method yang Manual, untuk menentukan setting secara manual. Anda dapat melihat setting saya seperti diatas. Untuk setting ini anda dapat menyesuaikan dengan network dimana anda berada.
6.    Jika dalam network anda ingin memiliki 2 buah IP, anda dapat menambahkannya dengan memilih Menu drop down Additional Address. Selanjutnya akan muncul window baru seperti dibawah, cukup click tombol Add, dan tentukan alamat IP yang lain.



7.    Setelah selesai click OK. Dan kembali click icon network anda, maka nama koneksi baru akan terlihat disana, untuk mengaktifkannya anda cukup click pada nama koneksi tersebut.


Mudah bukan?

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates