• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Merubah Tittle GRUB Loader ( Linux )

Thursday, August 12, 2010 Labels:

Mungkin beberapa diantara anda masi bingung dengan apa yang disebut GRUB Loader?? GRUB Loader adalah menu pilihan sistem operasi yang tampil saat kita melakukan booting, gambar diatas adalah contoh sebuah GRUB Loader.
Nah sekarang anda paham kan?? Ok, disini kita akan sedikit melakukan perubahan pada GRUB Loader milik kita. Disini kita akan mengganti text menu pilihan system operasi, default system operasi dan waktu countdown nya. Caranya sangat mudah, anda cukup merubah file bernama grub.cfg yang berada di folder /boot/grub/grub.cfg.


Silahkan login sebagai root terlebih dahulu dan buka file tersebut menggunakan editor nano. Dan lihat tampilan file grub.cfg berikut :

-    Untuk merubah tampilan judul / menu system operasi dengan nama lain, anda cukup merubahnya pada bagian : menuentry, misalkan anda ingin merubah menu windows (Windows NT/2000/XP (loader) (on /dev/sda1)), anda dapat merubahnya pada bagian → menuentry "Windows NT/2000/XP (loader) (on /dev/sda1)" menjadi tulisan yang lain sesuai selera. Begitu pula untuk mengganti menu entri lainnya
-    Untuk merubah default operating system (sistem operasi default yang terpilih saat booting) anda cukup merubahnya pada bagian yang bertuliskan → set default="0". Rubah angka 0 ke angka system operasi yang anda inginkan sesuai urutan dari list yang ada.
-    Untuk merubah countdown timer, anda dapat merubahnya pada bagian →   set timeout=10 , ganti angka 10 menjadi angka lain sesuai selera (dalam detik).
Setelah anda selesai melakukan perubahan, simpan grub.cfg dengan menekan ctrl+o. Keluar dari editor, restart komputer anda, dan lihat perubahan yang sudah anda buat. Selamat bereksperimen.

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates