• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Belajar Linux Dengan Kubuntu ( Bag. 05 )

Saturday, June 26, 2010 Labels:

Pada posting kali ini saya akan sedikit mencoba mengenalkan window manager Kubuntu bagi yang belum mengenalnya, bagi yang sudah bisa ya ga usah dibaca ye....... nanti dibilangin tulisan konyol :D . Ok begini ceritanya.......

Disini saya akan mencoba menjelaskan fungsi-fungsi yang ada di Kubuntu dengan yang ada di Windows, agar para pengguna windows dapat menangkap dengan mudah maksud omongan saya yang ga jelas ini.

1. Desktop

Untuk pengguna Windows, menu utama yang ada di desktop disebut “Start Menu”, untuk di Kubuntu, hal serupa disebut dengan “Application Launcher”, berikut gambare.......

Kubuntu Application Launcher
Kubuntu Application Launcher

Seperti fungsi start-menu diwindows , application launcher berguna sebagai menu yang dapat digunakan untuk mempermudah user untuk melakukan operasi sesuai dengan katagorinya. Apik iki to karo windos.....?? :D

Selain itu Desktop kubuntu dapat ditambah Widget-widget yang dapat didownload secara gratis, Oh ya, dikubuntu kita dapat memiliki lebih dari 1 Desktop loh, jadi seru ya kalu desktopnya banyak :D .

Untuk permasalahan Tema, Wallpaper, ScreenSaver, dll, kita juga dapat mendownload secara gratisss....... Tinggal klik kanan di desktop dan pilih desktop setting :

Desktop SettingDesktop Setting

2. File Manager

Kalau di Windows kita menggunakan “Windows Explorer” sebagai File Manager yang digunakan untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan pengarsipan, dll, di Kubuntu kita memiliki banyak File Manager, tapi defaultnya kita menggunakan “Dolphin”, Dolphin memiliki fitur-fitur yang saya rasa lebih lengkap dari Windows Explorer, karena dalam satu jendela Dolphin kita dapat langsung memiliki Console, Multimedia Player, dll yang tidak ada di Windows explorer, berikut penampakanya :

Dolphin "Amazing File Manager"Dolphin "Amazing File Manager"

3. Setting

Di Windows, user dapat melakukan berbagai konfigurasi untuk system, hardware dan software melalui “Control Panel”, di Kubuntu kita punya yang namanya “System Setting”, cara bukanya?? Click Application Launcher -> Application -> Setting -> System Setting. Maka akan muncul System Setting yang sangat mudah digunakan sbb :

System SettingSystem Setting

4. Software

Untuk pengguna windows, software yang akan diinstal kebanyakan berbentuk installer dan dapat menggunakan “Add Remove Program” untuk pengaturannya, di Kubuntu, kita dapat menggunakan installer dan juga program “Software Management” untuk pengaturan sekaligus Update system dan mencari program-program yang dapat didownload dan diinstall secara gratis lagi. Berikut skrinsut :

Software ManagementSoftware Management

Untuk membuka window ini anda dapat mengaksesnya dari : Application Launcher -> Application -> System -> Software Management. Tuh tinggal cari aja program sesuai kebutuhan, Gratis dan 100% Halal! :D

Selain Software Management ini anda juga dapat menggunakan berbagai software management yang lain, salah satunya adalah software management yang berjalan di console, yaitu Aptitude (buka Konsole dan ketik Aptitude) :

AptitudeAptitude

Hmmm…Kayanya secara garis besar untuk pengenalan Window Manager aja, diatas dah cukup deh....... Coba-coba aja sendiri ya? Masi banyak hal yang bisa kita pelajari dengan coba-coba sendiri. Gampang kok! :)



0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates