• Tutorial dan Tips n Trik Komputer, Gadget dan lain-lain.
  • Review Film-film Layar Lebar, Serial TV dan lain-lain.
  • Review Gadget-gadget terbaru.

Mengenal Jaringan di Windows

Monday, July 26, 2010 Labels:
Networking


Bagi teman-teman yang belum mengerti cara setting NetWork pada os Windows, saya mau jelasin disini sedikit demi sedikit,,, Ok, sebelumnya kita harus mengenal dahulu istilah sbb : IP Address, Subnet mask, Gateway, DNS, DHCP.

IP Address adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk komputer host dalam sebuah jaringan.

Subnet mask adalah istilah yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah ada di network lokal atau luar.

Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima email untuk setiap domain.

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Dengan DHCP server, maka client akan mendapatkan alamat IP ataupun DNS secara otomatis.

Kurang lebih begitu...

Ok, berikut adalah cara untuk menyetting network properties pada windows:

1. Buka Control Panel -> Network Connection

2. Maka akan tampil icon2 network connection yang ada, klik kanan pada Local Area Connection, pilih Properties, Munculah indows sbb :

network properties


3. Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan klik Properties, lalu muncul sbb :

Setting TCP/IP


4. Jika dinetwork anda memiliki DHCP server, maka pilih Obtain an IP Address automaticly (untuk alamat IP) dan Obtain DNS server automaticly (untuk DNS).

5. Untuk setting manual IP, pilih Use The Following IP Address, nah isi alamat IP yang diinginkan, Subnet akan generate secara otomatis sesuai class IP yang dipilih, untuk Gateway, isikan dengan alamat komputer gateway ataupun alamat IP modem anda.

6. Untuk seting DNS secara manual, klik Use the following DNS server address, isikan dengan IP DNS (misal : 202.134.0.155(telkom), 8.8.8.8(google)).

7. Ok cukup konfigurasi yang dilakukan, selanjutnya lakukan pengecekan koneksi dengan menggunakan command line.

8. Buka command prompt anda, lalu ketikan PING alamat_ip_gateway, untuk contoh dengan menggunakan konfigurasi yang telah kita lakukan diatas, maka ketikan PING 192.168.0.1, jika komputer kita berhasil terhubung dengan network maka akan ada replay dari perintah tadi, jika tidak, akan muncul pesan error(seperti :request time out, hardware error).

9. Ok sekian dulu, ngantuk nih,,,,

0 comments:

Post a Comment

 
Coba Lihat Saja....... © 2010 | Designed by Blogger Hacks | Blogger Template by ColorizeTemplates